Home > Desa Tubanan

Desa Tubanan

REPORTASE DESA TUBANAN

Tubanan merupakan salah satu desa pesisir di kecamatan Kembang, kabupaten Jepara.
Provinsi Jawa Tengah. Potensi sumber daya alam di desa Tubanan meliputi luas tanah sawah irigasi ½ teknis 338.00 Ha dan sawah tadah hujan 30 Ha. Desa Tubanan juga memiliki hutan konversi yang luasnya 526.80 Ha. Sumber air minum untuk penduduk bersumber dari sumur gali yang berjumlah 1,933 dan PAM yang berjumlah 50.

Penduduk di desa Tubanan berjumlah 8.490 orang diantaranya jumlah laki-laki ada 5314 dan jumlah perempuan ada 3.176 orang dengan jumlah kepala keluarga itu 3218 KK. Potensi sumber daya manusia Desa Tubanan alam pendidikan masih kurang. Berdasarkan data profil Desa Tubanan penduduk yang belum sekolah berjumlah 256 orang, usia 7-15 th yang tidak pernah sekolah berjumlah 531 orang, pernah sekolah SD tetapi tidak tamat berjumlah 1411 orang, penduduk yang tamat SD atau sederajat berjumlah 3793 orang, tamat SLTP atau sederajat berjumlah 499 orang, tamat SLTA atau sederajat berjumlah 33 orang, D-1 berjumlah 234 orang, D-2 berjumlah 53 orang D-3 berjumlah 59 orang, S-1 berjumlah 75 orang, S-2 berjumlah 2 orang.

Mata pencaharian pokok penduduk Desa Tubanan adalah buruh atau pegawai swasta yang berjumlah 4.571 orang, buruh tani berjumlah 1196 orang, petani berjumlah 875 orang dan nelayan berjumlah 152 orang. Mayoritas penduduk Desa Tubanan menganut agama Islam sebanyak 7490 orang dan Kristen sebanyak 70 orang dan Budha 2 orang.

Penduduk Desa Tubanan ada yang mengalami cacat mental dan fisik. Cacat fisik berupa tuna wicara sebanyak 12 orang, tuna netra 41 orang, dan cacat mental berupa idiot sejumlah 5 orang dan stress berjumlah 15 orang.

Potensi kelembagaan Desa Tubanan yaitu Pemerintah Desa jumlah aparatnya 19 orang, jumlah RW atau Dusun atau Taparu atau sebutan lain berjumlah 72 buah. Jumlah RT atau sebutan lain 43 buah. Pada Badan Perwakilan Desa jumlah anggotanya 10 orang. Desa Tubanan memiliki organisasi kemasyarakatan meliputi organisasi perempuan, organisasi pemuda, organisasi profesi, organisasi bapak-bapak, LKMD, dan kelompok gotong royong.

Jalan Desa Tubanan tergolong baik karena beraspal. Terdapat ojek tetapi jalanan menuju Desa Tubanan kurang penerangan dan tidak ada angkutan umum.


Potensi Perikanan di Desa Tubanan tergolong kurang karena tidak ada usaha perikanan, tidak ada danau dan tidak ada sungai. Sedangkan untuk potensi peternakan hewan meliputi ternak sapi, kerbau dan kambing yang cukup potensial namun terdapat beberapa kendala yaitu tidak ada lahan gembalaan, tidak tersedia makanan ternak, dan curah hujan kurang menunjang.

Potensi wisata di Desa Tubanan tidak ada. Potensi Perdagangan cukup potensial dengan kendala prasarana komunikasi kurang dan tidak ada pedagang pengepul. Untuk potensi perkebunan meliputi jagung, kacang tanah, ubi kayu, rambutan, mangga, dan semangka tergolong potensial tapi memiliki kendala curah hujan yang kurang menunjang.