Desa Dudakawu

Desa Dudakawu merupakan bagian dari Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara yang berjarak 7 km dari kecamatan untuk sampai ke desa dudakawu sulit dijangkau, begitu pula jarak dari kabupaten 35 km bisa dikatakan juga cukup jauh karena harus melewati dua kecamatan,yaitu Mlonggo dan Bangsri untuk sampai ke kecamatan Kembang sendiri.

Disamping itu, Dudakawu memiliki batas-batas wilayah dimana sebelah timur berbatasan dengan Desa Semanding, sebelah selatan berbatasan dengan Hutan Negara, sebelah barat berbatasan dengan Desa Papasan, dan yang terakhir sebalah utara berbatasan dengan desa Bucu dan Desa Pendem.

Dudakawu sendiri memiliki luas desa sebesar 795,883 Ha, dimana potensi terbesar dari desa Dudakawu adalah pertanian. Ini bisa dilihat dari luas sawah di desa ini yaitu 216,700 Ha. Akan tetapi, disayangkan sekali masih terdapat tanah kering yang luasnya mencapai 100,875 Ha. Selain itu, Dudakawu memiliki aset desa seperti Hutan Negara seluas 299,00 Ha, Pekarangan seluas 188,308 Ha, Ladang seluas 100,875 Ha, serta adanya Perkebunan Negara seluas 290,00 Ha. Dapat diketahui pula bahwa Dudakawu memiliki potensi lain selain bidang pertanian yang menjadi prioritas utama yaitu dalam bidang perkebunan. Ini dibuktikan dengan jumlah warga desa sebanyak 2717 jiwa yang terdiri dari 859 KK yang bermata pencaharian sebagai petani sebanyak 119 orang, yang dilanjutkan dengan buruh sebanyak 281 orang, swasta sebanyak 189 orang, pedagang berjumlah 23 jiwa, supir sebanyak 17 jiwa serta warga yang dapat dikatakan memiliki pendidikan dan kesempatan baik menjadi PNS teridentifikasi hanya 1 jiwa.

Desa Dudakawu meiliki sejarah yang panjang. Pada awalnya, desa ini merupakan hutan belantara namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang membuka hutan untuk dijadikan pemukiman penduduk. Asal usul nama Dudakawu sendiri memiliki banyak versi cerita. Versi pertama, kata dudak berasal dari jenis ular yang ada di hutan yaitu ular dudak. Hal itu merujuk kepada karakter sifat masyararkat Dudakawu yang pendiam, namun jika tersakiti atau merasa terancam akan segera melawan. Versi lainnya menyebutkan bahwa pada dahulu kala, banyak sekali abu gunung berapi yang menutupi pemukiman ini sehingga disebut Dudakawu.

Secara umum, penduduk desa dudakawu adalah penduduk yang berkharakteristik sebagai penduduk desa daerah pegunungan. Meskipun, daerah dudakawu terkenal dingin dibanding dengan daerah sekitarnya, tetapi penduduk desa sangat ramah dan hangat terhadap kami.

Potensi desa secara spesifik tersaji dalam LPK desa, potensi desa terbesar adalah pertanian. Rendahnya SDM desa Dudakawu menjadikan penduduknya hanya berminat dalam usaha pertanian bahkan buruh tani. Sedikit atau jarang penduduk yang berprofesi sebagai pegawai kantoran atau sejenisnya. Di desa dudakawu terdapat komunitas Usaha Tani, yaitu wadah bagi para petani desa Dudakawu untuk berkumpul dan berbagi pengetahuan dan pengalaman. Selain itu forum-forum desa yang bergerak dibidang perhatiannya masing-masing, seperti posyandu yang bergerak di bidang kesehatan, dan bina keluarga remaja yang memperhatikan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

Potensi wisata di Desa Dudakawu diantaranya Sendang Sinatah yang merupakan obyek wisata religi yang paling sering dikunjungi, Air Terjun Nglamer yang terletak di lereng bukit, dan Gua yang konon merupakan sarang macan.

Disamping itu, bidang peternakan juga dapat dikatakan menjadi prioritas kedua di desa dudakawu ini, karena sebagian besar warga memiliki hewan ternak, hal ini dapat dilihat dari data desa yang menyebutkan bahwa didesa dudakawu ini secara keseluruhan terdapat sapi biasa sebanyak 541 ekor, kerbau sebanyak 10 ekor, serta kambing sebanyak 311 ekor. Kurangnya SDM menjadikan masyarakat dudakawu menganggap bahwa kelak pendidikan bukan menjadi prioritas utama untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, sehingga bisa diketahui jumlah warga yang tamat SD terdapat 477 jiwa, tidak tamat berjumlah 147 jiwa, SLTA berjumlah 58 jiwa, SLTP berjumlah 146 jiwa, serta terdapat pula warga yang telah merasakan pendidikan di Perguruan Tinggi sebanyak 18 orang. Namun demikian, masih ada yang patut dibanggakan dari desa dudakawu ini meskipun jauh dari keramaian kota, di desa dudakawu terdapat 3 industri kecil seh

https://www.youtube.com/watch?v=8JEED4xq-OY&ebc=ANyPxKplSOgU8w2alTcH-0sC5RUIgyFKlpS6eZQ6mED0lQ_hAwt8OZurHMSnuntwXuhZ-NmDWO70HyVYHUucY5_JRr4MBv3D_w

ingga hal ini menunjukkan bahwa SDM di dudakawu tidak terlalu rendah.